Teori Ingenhouse, menyatakan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen. Ingenhouse memasukan tumbuhan dalam air, kedalam bejana yang diisi dengan air. Bejana itu ditutup dengan corong terbalik dan diberi tabung reaksi yang diisi air sampai penuh. Kemudian diletakkan dibawah sinar matahari, tak lama kemudian muncul gelembung udara dari tumbuhan air tersebut, yang setelah diuji ternyata oksigen.

Teori Engelman, menyatakan bahwa fotosintesis dilakukan oleh klorofil dengan bantuan energy cahaya. Engelman melakukan percobaan dengan menggunakan ganggang sitokra yang mempunyai kloroplas seperti spiral. Hanya kloroplas yang terkena cahaya yang mengengeluarkan oksigen. Sedangkan yang tidak terkena cahaya tidak mengeluarkan oksigen. Hal ini di buktikan dengan banyaknya bakteri yang suka oksigen, dengan berkerumun pada bagian kloroplas yang terkena cahaya.

Teori Sachs, menyatakan bahwa fotosintesis menghasilkan amilum. Sachs, membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan amilum dengan melakukan perobaan. Dengan menggunakan daun yang di bungkus dengan kertas timah (alumunium foil). Daun tersebut direbus untuk mematikan sel – selnya. Selanjutnya daun tersebut dimasukan ke dalam alcohol agar klorofilnya larut, sehingga daun menjadi pucat. Saat daun tersebut ditetesi dengan yodium bagian yang tertutup oleh kertas timah tetap pucat. Sedangkan yang tidak tertutup menjadi biru kehitaman yang menandakan bahwa didaun tersebut terdapat amilum.

Leave a Reply