IDM Optimizer
 
Salam sejahtera bagi IDM ( Internet Download Manager ) lovers semuanya, kembali lagi dengan saya yang akan memberikan tips hangat seputar internet. Sebagai IDM lovers pasti dong kalau kita punya IDM dan memakainya sebagai alternatif download manager setiap saat. Entah itu dengan settingan speed limit yang optimal atau dengan keperluan seperlunya. Setting optimal akan berpengaruh dan terasa optimal bila kita melakukan download file yang tergolong besar atau banyak. Apalagi bila koneksi kita tidak dibatasi kita bisa melakukan download sepuasnya, sebagai contoh pada warnet yang tidak memakai managemen bandwidth sehingga semakin sedikit user yang menggunakan internet maka kecepatan download juga semakin besar, kita bisa menguasai bandwidth itu dengan IDM seorang diri.
Kadang yang menyebalkan di warnet tempat kita biasa online terpasang sandbox semacam Deepfreeze atau yang lain sehingga terasa menyebalkan ketika harus menginstal dan mensetting IDM secara manual (lama). Berikut saya berikan tips untuk mengoptimalkan IDM ke kecepatan maksimal menggunakan IDM Optimizer dengan asumsi bahwa computer kita telah terinstal IDM (cepat).

PREFACE:
Internet Download Manager atau biasa disingkat IDM , adalah perangkat lunak yang mampumengunduh data-data yang ada di internet dan meneruskan kembali. Perangkat buatan New York, Amerika ini menempati posisi teratas dalam memaksimalkan kecepatan mengunduh data. Tampilan dan grafis yang sederhana membuat IDM lebih bersahabat dengan penggunanya.  IDM didukung dengan fitur meneruskan kembali, yaitu untuk mengunduh ulang berkas-berkas yang sebelumnya terputus karena masalah teknis maupun nonteknis. IDM juga memiliki fitur unduh yang cepat dengan kemampuan melakukan segmentasi berkas secara otomatis dan didukung dengan teknologi yang aman.
Perangkat lunak ini memiliki kemampuan yang lebih baik daripada peranti lunak sejenis yang ada saat ini, karena fitur yang dimiliki dalam membagi data yang sedang diunduh menjadi beberapa bagian terpisah untuk kemudian disatukan kembali setelah proses mengunduh selesai. Proses ini dinamakan multipart. Akan tetapi, IDM berbeda dengan perangkat sejenisnya karena proses multipart ini dilakukan secara bersamaan dan kecepatannya hingga 500% atau lima kali lipat lebih baik sebagaimana diklaim oleh pembuat IDM ini.
IDM mampu membagi sebuah berkas saat proses mengunduh berlangsung hingga menjadi tujuh sampai delapan bagian atau . Sebuah berkas yang diunduh dan terbagi menjadi delapan bagian selanjutnya ditangani oleh IDM yakni dengan membagi kecepatan yang sama besar per bagiannya. Namun jika bagian-bagian tadi ada yang mengalami hambatan dalam proses unduh maka kecepatan pada bagian lain akan digunakan untuk membantu bagian yang lambat tadi.
Langsung saja caranya optimalisasinya sebagai berikut :
1. Pastikan IDM berjalan di system tray
IDM Systray
2. Jalankan IDMOptimizer.exe maka akan muncul 2 pilihan tombol
IDM Optimizer
  • Maximize Now! (untuk memaksimalkan kecepatan download IDM)

  • Restore Default (untuk mengembalikan setting IDM kepada keadaan standar)

3. Pilih Maximize Now! Maka akan muncul perintah untuk merestart IDM, klik OK lalu keluar dari IDM Optimizer dan matikan program IDM
Maximize Now dan restart IDM
4. Ketika IDM dijalankan kembali dan berjalan di systemtray maka kecepatan download Anda akan berubah kea rah maksimal dengan sendirinya
Settingan paling maksimal pada IDM
Mudah bukan? Lebih cepat daripada bila kita melakukan setting secara manual :D
Bila cara ini tidak berpengaruh terhadap kecepatan download, maka ada beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi :
  1. Bandwidth telah dibatasi

  2. File hosting (semacam ziddu, mediafire, 4shared, indowebster, dll) yang Anda pakai telah mencapai batas maksimal connection number (lihat gambar di atas pada conn. number menunjukkan angka maksimal 16, bisa saja connection number pada file hosting lebih rendah dari itu sehingga kecepatan download tidak banyak terasa)

Untuk mendownload IDM Optimizer silakan klik tombol download di bawah ini :
Download Here
Best regards to zmachmobile from kaskus, thanks for this app;-)

Leave a Reply